Gejala dan Penyebab Alergi Santan

Penyakit Alergi Pada Anak | Alergi Pada Anak | Alergi Anak
www.cekalergi.com

Santan adalah salah satu makanan yang bisa menjadi penyebab alergi pada anak. Santan sering sekali digunakan dalam berbagai racikan masakan Indonesia. Mulai dari sayur, makanan hingga minuman banyak sekali yang memanfaatkan santan sebagai salah satu bahan pokoknya. Makanan-makanan bersantan antara lain opor, nasi uduk, gulai, kari, agar-agar dan juga berbagai sajian minuman lainnya. Nah, jika Si Kecil ternyata memiliki masalah dengan alergi santan maka Bunda wajib untuk selalu waspada agar kondisi kesehatan Si Kecil tidak terus menurun. Berikut ini adalah informasi mengenai gejala dan penyebab alergi santan yang patut Bunda waspadai.

Gejala Alergi Santan

Memang secara sistemik, alergi santan cukup jarang ditemukan. Namun, kontak dengan bahan-bahan yang dibuat dengan hasil pemrosesan santan adalah cara termudah untuk terserang alergi santan. Zat ini umumnya bisa ditemukan di dalam kandungan pelembap kulit, sabun dan juga sampo. Gejala pada alergi santan sebenarnya hampir sama dengan gejala-gejala alergi lainnya. Gejala tersebut antara lain gatal-gatal, mata dan bibir bengkak, biduran, muncul ruam merah di kulit dan juga diare.n Jika penyakit alergi pada anak ini dibiarkan terus menerus maka membahayakan kondisi kesehatannya.

Menangani Alergi Santan

Hingga sejauh ini sebenarnya tak ada pengobatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan alergi santan secara permanen. Hal yang bisa Bunda lakukan hanyalah mencegah jangan sampai alergi anak ini terjadi lagi dan lagi. Karena kelapa dapat ditemukan di hampir setiap bahan makanan maka Bunda harus waspada terhadap makanan apa saja yang dikonsumsi oleh Si Kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar