Bayi Menderita Ruam Kulit Akibat Sawan? Mitos atau Fakta?


www.cekalergi.com

Beberapa bayi yang baru lahir terkadang memiliki bintin-bintik merah mulai dari kepala, leher, bahkan hampir merata di semua punggungnya. Tapi, bintik-bintik merah ini bukanlah biang keringat. Malah, orang tua sering menyebutnya dengan sawan.

Padahal, bintik-bintik merah yang muncul pada kulit bayi bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti biang keringat (miliaria), akibat pori yang masih belum terbuka sepenuhnya, iritasi ringan dengan bahan-bahan baju, kain bantal/kasurnya, higiene kulit yang kurang baik, kondisi yang disebut dermatitis seboroik dan sebagainya.

Sejatinya, ada banyak hal yang menjadi penyebab kondisi bintik-bintik merah muncul pada peprmukaan kulit bayi, sehingga sebaiknya bayi dibawa ke dokter untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Karena kelainan yang terjadi pada kulit sebaiknya memang harus dilihat langsung.

Bila bayi tidak mengalami rewel atau gelisah secara terus menerus, artinya bayi tidak mengalami kondisi merasa gatal atau nyeri. Meski demikian, higiene bayi harus dijaga secara optimal dengan cara memandikannya dengan sambut bayi yang lembut, menghindari keringat berlebih dan menghindari bahan-bahan potensial penyebab iritasi kulit seperti lotion penghangat (minyak telon, kayu putih dan sebagainya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar